Pererat dengan Berbagai Cara

Bagaimanapun yang namanya pasangan suami-istri adalah dua orang yang berbeda. Baik itu berbeda sifat, karakter, bahkan isi kepala.  Perbedaan-perbedaan inilah yang kadang menjadikan renggang dalam hubungan rumah tangga.  Menyatukan dua kepala yang isinya berbeda itu memang sesuatu hal yang tidak mudah.

cialis soft tabs 10 mg

Tidak terkecuali dengan apa yang saya alami.  Tentu saja banyak sekali yang berbeda antara saya dan suami, dari segi sifat misalnya, suami saya orang yang pendiam dan introvert, sementara saya lebih ekspresif dan extrovert.  Belum lagi hal lain yang kadang berbenturan, saya suka A, dia suka B, saya mau A dia mau B, saya underweight dia overweight, dan masih banyak lagi.  Tapi seperti semboyan Negara kita Bhineka tunggal ika. Begitupun dengan pernikahan, meski banyak sifat pasangan yang beda, semoga akan tetap dipersatukan dengan Yang Maha Kasih.

Selain perbedaan dalam banyak hal, biasanya rutinitas juga kadang membuat renggang suatu hubungan.  Masing-masing kami biasanya lebih sibuk sendiri dengan pekerjaannnya, dengan gadgetnya, atau dengan urusannya.  Kesibukan kadang kala melenakan, sehingga lupa deh kalo ada pasangan yang juga harus diperhatikan.  Makanya saya dan suami  punya beberapa cara untuk semakin mempererat tali cinta kami.  Berikut ini adalah beberapa cara yang kami lakukan:

1.      Diary Bersama

Sejak awal menikah, saya dan suami punya diary bersama. Diary itu diisi dengan catatan-catatan mengenai visi dan misi kita *kayak organisasi aja ya :))*.  Disanalah kami tulis cita-cita bersama kami. Bagaimana pandangan kami mendidik anak, berapa anak yang kami inginkan, kapan harus punya mobil, kapan punya rumah, kapan pergi haji, juga masalah pekerjaan dan keuangan .  Dari situ akan ketauan perbedaan pandangan dari pasangan, setelah itu kami bahas dan diskusikan untuk menemukan jalan keluar.  Setelah itu kami catat kembali penyelesaiannya. Jadi gak perlu ngotot-ngotot dan gak perlu adu urat, hehehe.

Dalam diary itu juga tidak hanya menjelaskan soal apa yang kami cita-citakan saja, tapi juga bagaimana pandangan pasangan terhadap diri masing-masing.  Kami sepakat menuliskan kebaikan dan kejelekan pasangan.  Juga tidak lupa, mencatat hal-hal yang tidak disukai pasangan.   Sehingga dari situ kami bisa diingatkan kembali , tentang apa tujuan kami menikah serta bagaimana kami bersikap dengan pasangan.

Meski tidak setiap hari diisi setidaknya beberapa hal telah dicatat dengan baik, sehingga ketika masanya ada pertengkaran dengan pasangan, buku itu cukup meredakan emosi.  Lagipula buku itu dapat menjadi kenangan serta menjadi saksi apa-apa saja komitmen kami.

2.      Pacaran time

Saya dan suami punya kebiasaan  selalu meluangkan diri untuk “pacaran” baik ke luar ataupun diruman. Apalagi, kami menikah tanpa melalui proses pacaran.  Sehingga ketika rumah tangga pacaran time akan selalu kami luangkan.  Kebetulan kesukaan kami juga  mirip-mirip.  Kalo saya suka travelling, suami saya suka sekali dengan wisata kuliner.  Jadi setiap kali kami pergi ke tempat baru, kami selalu meluangkan diri untuk ke sebuah restoran.

Kalaupun keadaan tidak memungkinkan untuk pacaran di luar. Biasanya sih cuma nonton film bareng dirumah sambil makan popcorn. Meski sederhana, tapi dari situ kami bisa saling mengakrabkan diri.

3.      Main games bareng

Layaknya anak-anak, kami juga suka sekali main games bersama.  Games-games itu bisa apa saja, bisa games yang ada di tab atau games konvensional, seperti main scrabble , catur, atau monopoli.  Bahkan, kami kadang membuat permainan-permainan sendiri. Seperti main tebak-tebakan atau main cepet-cepetan ngelihat kucing di jalan *kelihatan kaya kurang kerjaan banget ya, hehhe* . Permainan ini kita namakan Cat Dibs! Awalnya sih gara-gara habis nonton How I Met Your Mother, disitu diceritakan tiga sahabat yang kalo pergi suka dengan permainan This Dog.  Kami adopsilah permanan itu. Karena kalo kami lagi di jalan, kadang kan suka ngelamun, jadinya daripada bengong dan kami berjalan hampa tanpa suara, makanya kami buat juga permainan itu, bedanya anjingnya kita ganti sama kucing :)), soalnya disini anjing kan jarang seliweran.  Cara mainnya sih gampang aja, siapa yang lihat kucing duluan di jalan, maka kita harus ngomong Cat Dibs sambil nunjuk itu kucing.  Nah, sampai tujuan akhir dihitung deh berapa banyak, siapa yang paling banyak  lihat kucing dia yang menang.Gampang kan, hehhee. Dari permainan-permainan itu, kami jadi semakin respect, bahkan membuat suasana mood pasangan menjadi lebih baik.

4.      Kejutan serta hadiah kecil

Siapa tak suka diberi kejutan serta hadiah, apalagi dengan pasangan tercinta. Begitu juga dengan kami berdua.  Paling tepat untuk memberikan kejutan adalah ketika pasangan berulang tahun, atau ketika anniversary, itulah yang kami tunjukan.  Waktu suami saya mengulang hari lahirnya, saya sengaja memberikan sedikit kejutan.  Begini ceritanya ketika shubuh hari, kebetulan rutinitas suami adalah sholat shubuh berjamaah di Masjid.  Itulah momen yang saya manfaatkan untuk membuat sedikit kejutan untuk dirinya. Lilin-lilin kecil terhampar mengelilingi kado yang akan saya berikan untuknya.  Sedikit sentuhan dari handuk berbentuk hati yang saya pelajari dari youtube.  Hasilnya ketika suami pulang dari masjid, dia pun tampak kaget dan senang sekali dengan kejutan kecil saya.



Kali lain, waktu saya berulang tahun, saya pun diberikan kejutan yang sangat indah.  Ceritanya begini, saya diajak suami untuk liburan ke Bali menjelang ulang tahun saya.  Tentunya saya seneng banget dong.  Saya pikir itulah kado ulang tahun buat saya. Ternyata tidak! Kejutan lain telah menunggu. Pagi hari di kamar hotel, ketika saya bangun tidur, reflek saya mencari handphone. Karena tidak menemukan juga, saya bertanya kepada suami. Suami bilang handphone saya ada di brankas.  Sebenarnya agak heran juga kenapa handphone saya ditaro didalam brankas kamar hotel? tapi suami meyakinkan saya, bahwa dirinya hanya mengamankan barang elektronik.  Spontan saya percaya dan langsung bergegas untuk mengambil handphone yang ada di dalam brankas,kecurigaan mulai muncul ketika password brankas, adalah tanggal lahir saya. Namun, saat itu gak mau kege-eran takutnya malah ngarep lagi hehee. Eh ternyata benar, ketika pintu brankas terbuka disana ada handphone beserta kado untuk saya. Waduhh.. rasanya bahagiaaa sekali saat itu.  Apalagi, menjelang sore hari suami mengajak saya untuk dinner di Pantai Jimbaran sambil menikmati sunset yang indah aihh romantiss sekaliii…

 

5.      Pillow talk

Satu hal yang paling penting dalam hubungan suami istri adalah komunikasi. Bila komunikasi berjalan dengan lancar, insyaAllah akan mengurangi kesalahpahaman.  Satu cara yang paling saya suka dalam mengkomunikasikan sesuatu adalah dengan pillow talk. Pillow talk adalah perbincangan di atas bantal, ketika menjelang tidur.  Didalam pillow talk biasanya kami saling membahas apa-apa saja masalah dan bagaimana menyelesaikannya.  Berhubung kami punya usaha bersama, kami juga sering membicarakan bisnis saat di tempat tidur.  Biasanya kondisi ini jauh lebih rileks, daripada membicarakan masalah saat suami pulang dari kantor.

Nah, itu tadi beberapa cara yang saya dan suami lakukan.  Setiap pasangan tentu punya cara sendiri-sendiri dalam mempererat ikatan cintanya. Yang juga tak kalah penting dalam suatu hubungan juga dengan saling memahami. Bagi saya biar bagaimanapun pasangan  adalah belahan jiwa  yang sangat berharga, jadi sudah menjadi kewajiban untuk selalu mempererat dan menjaga.

 

Kisah pernikahan ini diikutsertakan pada Giveaway 10th Wedding Anniversary by Heart of Mine.

 

Happy anniversary buat Mbak Uniek dan suami, semoga semakin langgeng dan semakin bahagia :).

Advertisements

2 thoughts on “Pererat dengan Berbagai Cara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s