Hati-hati “Miss V” Terkena Radang

Pekan lalu, saya habis ke ginekolog untuk konsultasi.  Disana saya dapat informasi penting seputar masalah kewanitaan.  Salah satunya adalah mengenai penyakit radang di dalam Miss V, yang kerap kali dialami oleh perempuan.   Beberapa perempuan mungkin sudah mengenali dengan ciri dan bahaya penyakit ini.  Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui informasi tersebut (saya contohnya *ngaku*), sehingga kita jadi kurang peduli terhadap alat vital yang satu itu.   Gara-gara itu saya jadi rajin browsing soal si Miss V itu.  Apa bahaya dan ciri-cirinya akan saya share lebih lanjut.

Radang “ Miss V” atau radang vagina adalah infeksi yang terjadi di dalam rongga vagina.  Infeksi ini bisa disebabkan oleh  jamur (Candida albicans), bakteri (Steptococcus),  dan virus (herpes atau Human Papiloma Virus).  Meskipun namanya kelihatan keren-keren, jamur, bakteri, dan virus itu sangat mengganggu dan cukup berbahaya apabila didiamkan saja. Jadi, jangan sampe deh disinggahi oleh mereka.

Radang Miss V apabila didiamkan akan dapat menimbulkan luka.  Nah luka yang dibiarkan akan semakin menimbulkan banyak kuman.  Sangat berbahaya apabila kuman-kuman tersebut menyebar ke segala arah, apalagi sampai ke bagian mulut rahim. Karena berpotensi  mengalami radang mulut rahim atau servisitis.  Kalau begini  sebaiknya lebih berhati-hati, karena ada Human Papiloma Virus (HPV)  yang biasanya bersemayam di daerah mulut rahim. HPV ini adalah penyebebab adanya kanker leher rahim atau yang sering kita kenal sebagai kanker serviks.  duhh seremm…
Ada lagi yang tidak kalah bahayanya, apabila kuman dalam Miss V naik ke atas hingga ke dalam rongga pelvis  (panggul) sehingga menyebabkan radang panggul. Radang panggul terjadi karena sudah ada mikroba yang menembus kesana.  Mikroba yang bernama Clamedia ini kemudian akan meyumbat saluran telur, sehingga menyebabkan sel telur tak bisa keluar atau sperma menjadi terhalang masuk ke dalam sel telur. Beberapa orang mengalami adanya cairan yang menutup saluran tuba *kembali belajar biologi nih*.  Akibatnya terjadilah infertilitas (kemandulan) pada perempuan, sehingga perempuan menjadi sulit hamil.

Jika peradangan ini terjadi pada perempuan yang sedang hamil, infeksi akan semakin berkembang karena vagina dalam perempuan yang sedang hamil biasanya lebih lembab.   Kuman yang ada juga bisa menyerang selaput ketuban, dan juga dapat menyerang si bayi.  Akibatnya bayi bisa lahir premateur.  jika terjadi infeksi parah, bayi didalam rahim juga bisa meninggal.  Jika bayi yang keluar lewat vagina yang dipenuhi dengan banyak kuman, kuman pun akan ikut bersama dengan si bayi dan menyebar di tubuh bayi.

Faktor penyebab terjadinya radang pada Miss V ini biasanya adalah faktor kebersihan, kelembaban, penggunaan parfum atau sabun antiseptik pada bagian Miss V,  tertular dari pasangan ketika berhubungan intim, pakaian dalam yang terlalu ketat, dan faktor lainnya.

Ciri-cirinya terjadi peradangan pada Miss V berbeda-beda tergantung penyebabnya.  Namun pada umumnya mirip-mirip dikitlah.  Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

•   Adannya keputihan berwarna putih kental seperti cairan susu,  coklat, atau kekuning-kuningan disertai dengan bau yang tidak sedap.

•  Gatal pada daerah vagina, pada beberapa orang bisa disertai dengan panas disekitar Miss V

•  Sakit pada saat pipis

•  Nyeri saat berhubungan intim

•  Pembengkakan pada vulva
Jika mengalami salah satu diantaranya sebaiknya segera ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan.  Biasanya dokter juga akan menyuruh kita tes lab untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari peradangan tersebut.  Jangan pernah malu untuk ke dokter ginekolog.  Biasanya anak perempuan yang masih lajang suka sungkan untuk datang ke dokter spesialis kandungan.  Padahal deteksi dini justru lebih baik daripada dipendam terus-terusan. Akan lebih berbahaya kalo kita sadar ada yang tidak beres dari tubuh kita tapi  cuma berasumsi sendiri dan mengobati sendiri padahal belum tentu benar tindakannya.

Untuk obat yang diberikan biasanya adalah antibiotik, anti jamur dan anti bakteri.  Merk dagangnya juga macam-macam ada fluconazole (anti jamur), metronidazole (anti bakteri) , tinidazole (antibiotic), levofloxacin (anti bakteri), dan lainnya.  Untuk beberapa obat diatas penggunaannya ada yang merupakan obat minum, ada yang bisa melalui infus ada juga yang dilakukan dengan cara supositoria, yaitu memasukan obat ke dalam anal, vaginal atau uretral.   Biasanya sebelum obat masuk, Miss V dibersihkan dulu dengan cairan pembersih seperti betadine, baru buy cialis online kemudian dimasukan ke dalam Miss V.  Untuk obat supositoria biasanya langsung ditangani oleh suster atau dokter yang bersangkutan.  Semua obat tersebut tentunya tergantung dari dokter yang meresepkan juga.  Namun demikian, sebaiknya kita juga mengetahui fungsi obat-obat yang telah diresepkan.  Tentunya agar kita lebih mengerti dan tidak terjadi kesalahpahaman.

Lama pengobatan tergantung dari tiap-tiap individu, karena sesuai dengan kondisinya.  Ada yang bisa hanya beberapa hari ada juga yang berbulan-bulan.  Biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan ini pun bervariasi, tergantung obat yang digunakan.  Ada yang hanya ratusan ribu rupiah ada juga yang hingga jutaan rupiah.

Nah itu tadi beberapa hal tentang radang pada miss V.  Miss V adalah alat yang sangat vital dalam diri perempuan.  Sudah sebuah keharusan untuk terus menjaganya agar tetap sehat. Tips untuk merawat vagina agar tetap sehat dan bersih saya ceritakan di sini.

Sebagai perempuan tentunya ini juga menjadi kepedulian buat saya.  Semoga kita semua sebagai perempuan juga lebih aware tentang penyakit ini.

Sumber :

http://www.menstruasi.com/node/174

http://bidanku.com/awas-keputihan-bisa-mengakibatkan-kematian-dan-kemandulan

http://www.wdxcyber.com/npapvg09.htm

http://doktersehat.com/seputar-chlamydia-pencegahan-dan-pengobatannya/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s