Refleksi dan Resolusi Saya

Ini adalah minggu kedua di bulan Januari dan postingan pertama saya di tahun 2014.  Gak terasa udah lewat delapan hari, terus kemana ajah saya? *ngomong sama tembok*.  Akhir dan awal tahun kemarin lalu lintas perblogingan sepertinya cukup ramai,  para blogger berlomba-lomba posting menjelang detik-detik penghabisan 2013, atau minggu awal di bulan Januari. Rata-rata ceritanya tentang resolusi di tahun 2014.  Akhir dan awal tahun memang pas banget sebagai ajang refleksi tahunan serta membuat kembali resolusi atau target yang baru.

Bicara soal refleksi di tahun 2013, daripada tahun-tahun sebelumnya rasanya tahun kemarin hidup saya makin banyak rasa.  Banyak hal dan kejadian di tahun lalu mengajarkan pada saya untuk bersabar dan juga belajar.  Beberapa yang bisa saya rangkum mengenai refleksi dan highlight saya di tahun 2013 diantaranya :

–          Berhenti kerja dan buka usaha.  Ada hikmah dibalik sesuatu.  Gara-gara udah gak kerja kantoran akhirnya langsung action buat buka usaha.   Senangnya usaha saya dan suami berkaitan erat dengan perjalanan.

–          Mengikuti passion.  Saya suka menulis, meskipun tulisan saya belum baik. Tahun lalu saya mulai mempunyai blog dan gabung dalam komunitas yang banyak mengajarkan saya tentang dunia perblog-an.  Dari situ wawasan saya tentang dunia perblogan pun terbuka.  Saya jadi belajar dan berani untuk menulis review, lomba, reportase, dan banyak lagi. Tidak perduli ada hadiahnya atau tidak, juga tidak perduli menjadi terkenal atau tidak.

–          Menerbitkan buku.  Meskipun ini bukan buku saya yang terbit pertama kali. Setidaknya saya tetap bisa menerbitkan buku ditahun ini meski hanya 1 buah.

–          Mendapat pekerjaan baru.  Gak kerja kantoran tapi pendapatan jadi lebih variatif.   Gara-gara suka nulis di blog ada juga ternyata brand yang minta direview produknya.  Padahal tadinya gak pernah diniatin bisa nulis blog terus dibayar :).

–          Daftar haji.  Akhirnya saya, suami, dan Ibu bisa daftar haji. Yah meskipun berangkatnya baru 13 tahun lagi hehee…

 Sumber Gambar : di sini

Setelah refleksi biasanya kita akan bicara soal resolusi. Sebenernya saya agak malu ngomongin ini. Kenapa? karena seringkali saya dihadapkan oleh kekecewaan pada resolusi yang saya buat sendiri.  Artinya lebih banyak gagalnya ketimbang berhasilnya *pengakuan*. Akan tetapi, ketika saya mencoba untuk menelaah  kembali , mungkin banyak resolusi saya yang tidak terukur dan kadang gak realisitis.  Jadi untuk tahun ini saya mencoba untuk membuat resolusi yang terukur.   Diantaranya adalah:

–          Merapihkan manajemen bisnis.

–          Hidup sehat diantaranya dengan mengurangi mecin *ah* dan rajin olahraga minimal jalan kaki.

–          Tetap menulis, entah menulis buku, blog, dan hal lainnya.

Nah, itu tadi refleksi dan resolusi dalam hidup saya.  Kalo dibilang pencapaiannya dan resolusinya cuma gitu doang alias gak keren.  Ya biarin saja.  Tiap-tiap orang kan beda motivasi hidup serta resolusinya.  Setidaknya saya menyukai apa yang saya lakukan.  Semoga tahun depan bisa lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain :).

Leave a Reply

