Ngobrol Soal Sunblock di Arisan Cantik Ristra

Sore tanggal 23 May lalu, saya langsung tancap gas menuju bagian South Skywalk Pondok Indah Mall, tepatnya di Ristra Skin Expert.  Disana ada kegiatan yang menarik banget khususnya untuk para perempuan. Produk kecantikan Ristra mengadakan acara Arisan Cantik sekaligus ngobrol-ngobrol tentang sunblock.   Dari sana peserta tidak sekedar dibekali pengetahuan tentang sunblock saja, tetapi juga masalah kecantikan dan juga kesehatan terutama kaitannya dengan kulit wajah.

Bukanlah sebuah rahasia kalau perempuan sangatlah concern terhadap kecantikan serta kesehatan kulitnya, apalagi terkait langsung dengan kulit wajah.  Sayangnya perhatian yang khusus ini kadang salah langkah, akibat tidak memiliki informasi yang benar.  Akibatnya banyak sekali kejadian yang mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit wajah.  Pemakaian sunblock misalnya.  Kebanyakan perempuan dewasa tentunya sudah mengetahui bahwa sunblock atau tabir surya berfungsi untuk perlindungan wajah dari sengatan matahari.  Tetapi pemakaian yang salah justru bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar.  Karena kandungan spf dalam sunblock seharusnya disesuaikan dengan jenis kulit kita. Jujur loh ini pengetahuan yang baru buat saya.

Lanjut, menurut dokter spesialis kecantikan dari Ristra Skin Expert yang  bernama dr. Ariyanti, kulit manusia terdiri dari beberapa ras.  Diantaranya adalah ras negroid, ras mongoloid, dan ras kaukasoid.  Untuk Orang Asia cenderung termasuk mongoloid dengan warna kulit yang cenderung kuning, sementara kaukasoid biasanya dimiliki oleh kulit orang-orang Barat atau Eropa dengan jenis kulit berwarna putih, dan ras negroid adalah jenis kulit dari orang Afrika dengan warna kulit gelap.  Nah, untuk kulit Asia seperti pada kulit kita sebaiknya atau lebih cocok memakai jenis sunblock dengan spf 17.  Karena jika yang dipakai spf yang lebih tinggi seperti spf 30, biasanya berakibat dengan menghitamnya kulit atau terbakar.  Spf 30 biasa dipakai oleh perempuan-perempuan ras kaukasoid.

image

dr. Ariyanti

image

dr.Ariyanti sedang menjelaskan kepada para blogger peserta

Sunblock atau tabir surya dengan kandungan spf 17 aman digunakan, bahkan untuk anak-anak usia diatas 5 tahun.  Oia, dr. Ariyanti juga menambahkan bahwa anak-anak biasanya sering terpapar teriknya sinar matahari, sehingga menyebabkan kulit wjah si anak menjadi kusam dan sering terlihat bercak keputihan.  Menurut beliau, bercak keputihan yang ada pada si anak belum tentu bakteri atau orang awam bilang panu. Bisa jadi itu memang karena kulitnya seperti terbakar karena paparan sinar matahari sehingga menyebabkan flek putih.  Cara pengobatannya cukup usapkan tabir surya saja.

image

Sunblock Ristra mengandung spf 17 dan aman untuk anak-anak diatas 5 tahun

Acara yang dipandu oleh dr. Ariyanti ini, berjalan sangat hangat serta interaktif. Tidak hanya itu saja, para peserta yang datang pun kebagian diperiksa satu persatu wajahnya oleh ibu dokter yang cantik ini. Bahkan pembahasan yang tadinya hanya seputar sunblock pun akhirnya melebar membahas mengenai masalah perawatan wajah dan sebagainya.  Apalagi para peserta bebas untuk berkonsultasi.  Jika ada kulit wajah yang sekiranya bermasalah seperti muncul banyaknya flek-flek hitam, menurut dr.Aryanti sebaiknya dilakukan microdermabrasi dari pada chemical peeling.  Penggunaan chemical peeling sangat berbahaya karena bisa membuat waja meradang lalu disertai timbul bintik-bintik hitam dan akhirnya kulit menjadi menghitam. Hiii siapa mau coba-coba?

Setelah ngobrol masalah sunblock dan konsultasi, dr. Ariyanti melanjutkan memberikan informasi mengenai langkah-langkah membersihkan dan merawat kulit wajah (skin care).  Ini penting banget karena, kalau perwatan yang salah bisa-bisa sisa kotoran di wajah yang menempel dapat menjadi jerawat.  Langkah-langkah nya adalah sebagai beriut ini.
Setelah bangun tidur di pagi hari, bersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah khusus
Pakaikan toner dengan alas kapas.
Pakai moisturizer atau pelembab. Supaya merata, moisturizer  diusapkan perbagian wajah.  Misal, usapkan secara merata bagian dahi terlebih dahulu, kemudia pipi bagian kanan, dan seterusnya hingga seluruh wajah.  Ristra sendiri memiliki Moisturizer AHA Regenerating Day Cream yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, mengencangkan kulit serta mencerahkan kulit.  Saya sudah mencoba dan hasilnya Memang lembuuut .
Pakai sunblock/tabir surya.  Pemakaian cukup tipis saja.  Sebaiknya gunakan sunblock setiap 2 jam.  Produk yang saya coba dari Ristran adalah Sun Care. Sun Care mengandung spf 17 yang cocok untuk kulit Asia.
Tahap selanjutnya adalah jika kita memang ingin bepergian maka kita akan memakai kosmetik.  Kosmetik termasuk skin decorative.  Dalam hal ini seperti foundation, bedak, serta tat arias lainnya.

image

Skin Care dan SkinDecorative dari Ristra

Setelah kembali dari aktivitas, tentunya wajah akan kita bersihkan.  Adapun cara membersihkan wajah adalah sebagai berikut ini.
Pakai susu pembersih atau cleansing.  pijat-pijat halus dengan arah tangan menuju ke atas.
Bersihkan susu pembersih dengan waslap basah.  Paling baik adalah waslap yang airnya hangat sa-suam kuku.  Arah bilasan tetap menuju ke atas.
Cuci muka dengan sabun pembersih wajah.
Pakaikan toner ke seluruh bagian ajah, supaya segar.
Setelah kering pakai krim malam, supaya wajah tetap terjaga kelembabannya.

Setelah dr.Aryanti menjelaskan langkah-langkah perawatan wajah.  Acara dilanjutkan oleh demo make-up.  Salah satu blogger yang menjai peserta, Fitri Rosdiani menjadi relawan untuk dijadikan model.  Dan cring…cring…wajah yang biasanya tampil tanpa riasan berubah jadi cihuy…hehee…

image

Cring…cring…model after Make Up

Acara ditutup dengan dilemparkan pertanyaan oleh dr.Ariyanti serta pengocokan nomor untuk mendapakan doorprize. And voila…saya bisa menjawab pertanyaan dari dr. Ariyanti, yang artinya bisa dapet bonus doorprize.  Isi doorprize ternyata beberapa produk skin care dari Ristra…horeee.  Terakhir semua peserta yang kesemuanya adalah blogger berfoto bersama.  Seru dapet ilmu baru, seneng bisa dapet goody bag plus doorprize.. Thank you Ristra .

image

Goody bag plus doorprize

Advertisements

7 thoughts on “Ngobrol Soal Sunblock di Arisan Cantik Ristra

  1. maaf saya mau bertanya anak saya ber usia 13 tahun memakai jilbab banyak aktivitas diluar ruangan dan kulit mukanya sekarang belang,bagai mana caranya untuk menghilangkan belangnya ya dokter?Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s