Strategi Menjual Tanpa Iklan

Di zaman yang serba digital ini, e-commerce menjadi semakin marak.  Bisa dilihat kian banyaknya online shop yang hadir di tengah-tengah kita. Memanfaatan peluang itu pula lah saya turut serta  memarakan jagat e-commerce ini.  Tak ayal bisnis kecil-kecilan pun saya buat, harapannya dari bisnis tersebut tentunya mengalir pundi-pundi yang cukup untuk sekedar mengepulkan asap di dapur.

Namun demikian, dalam e-commerce juga dibutuhkan strategi menjual yang tepat agar penjualan bisa maksimal. Saya mengibaratkan para pelaku e-commerce seperti seorang yang sedang memancing di samudra yang luas setiap hari.  Untuk mendapatkan ikan, tentunya pemancing membutuhkan strategi agar tangkapannya meningkat dari hari ke hari.  Strategi itu bisa dengan berbagai cara, bisa dengan jalan mengganti joran pancing (tongkat pancing) atau mata kail yang mahal, atau juga memilih umpan yang berkualitas.  Nah, alat pancing atau umpan itulah saya ibaratkan sebagai alat untuk meningkatkan penjualan.

 Ilustrasi . Sumber : di sini

Ilustrasi . Sumber : di sini

Sejalan dengan hal tersebut banyak cara untuk meningkatkan penjualan. Cara yang paling umum dan dianggap paling ampuh dalam meningkatkan penjualan adalah dengan membuat iklan.  Namun, ternyata iklan tidak semata dapat meningkatkan penjualan e-commerce.  Ada strategi lain yang dapat meningkatkan penjualan meskipun tanpa beriklan.  Strategi itulah yang dibahas dalam seminar  “Meningkatkan Penjualan Online Tanpa Iklan”, yang berlangsung pada hari rabu, 11 Juni 2014 lalu.

Acara yang bertempat di gedung Indosat di Jalan Merdeka Barat ini dibawakan oleh pemateri yang mumpuni dibidangnya, yaitu Juliyanto seorang Praktisi Google plus Profit, dan Riyeke Ustadiyanto yang adalah seorang Guru SEO Indonesia.  Mas Juliyanto sendiri membawa topic mengenai “Unlimited Conversion dengan Google Plus”,  sementara Mas Riyeke Ustadiyanto membawakan topik mengenai “Strategi Powerful Review di Google Search.

Sesi pertama dibawakan oleh Mas Juliyanto.  Pemateri ini menitik tekankan bahwasanya pentingnya Konversi Google+ (G+) dalam kaitannya dengan penjualan.  Mengapa itu penting? karena G+ memliki social signal yang akan mengarahkan posisi website di search engine.  Apalagi pengguna G+ semakin lama semakin meningkat dan tidak kalah dengan jenis sosial media lainnya. Adapun untuk optimasi G+ tentunya dengan memaksimalkan fitur-fitur yang sudah ada di dalam G+ itu sendiri mulai dari profile, activity, dan lain sebagainya.

 

Sesi Pertama

Sesi Pertama

Sesi kedua dibawakan oleh Mas Riyeke Ustadiyanto.  Mas Riyeke lebih banyak bercerita serta mengambil contoh tentang pengalamannya mereview serta memasarkan produk.  Dalam contoh ini,  adalah mereview berbagai macam hotel dan tempat wisata melalui situs tripadvisor. Untuk pelaku usaha, seperti hotel dan restoran yang telah gabung di tripadvisor ada baiknya terus mengoptimasi fasilitas tripadvisor ini.

Sementara itu, pentingnya review bagi penyedia jasa sangat berpengaruh pada reputasi produknya.  Untuk itu, menjaga review sangat penting.  Menjaga review bisa dengan cara merespon review, terutama review yang buruk. Merespon dengan cepat, professional, serta sesuai dengan pertanyaan merupakan cara-cara yang baik untuk merespon konsumen.  Namun demikian tetap hindari taktik yang dapat merugikan kita sendiri seperti menjanjikan gratis atau membuat ulasan palsu.

Sesi Kedua

Sesi Kedua

Secara umum materi yang dibawakan sangat bermanfaat utamanya bagi para pelaku usaha ,yang sedang atau ingin meningkatkan penjualannya lewat dunia maya.  Apabila pelaku usaha bisa memiliki strategi memancing “ikan” seperti yang diungkap diatas, maka budget untuk beriklan pun dapat dialihkan untuk hal lain.  Hal ini tentunya dapat menghemat anggaran.

Advertisements

4 thoughts on “Strategi Menjual Tanpa Iklan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s