Menengok Investasi Properti

Salah satu kebutuhan dasar kita sebagai manusia adalah  terpenuhinya kebutuhan mengenai “papan”.  Papan bisa diartikan sebagai rumah tempat kita tinggal dan bernaung. Bentuknya bisa rumah tinggal, apartemen, ruko (rumah toko), rusun (rumah susun), maupun rukan (rumah kantor).  Tidak hanya sebatas kebutuhan dasar saja, sudah sejak lama kebutuhan“papan” telah dilirik sebagai investasi yang menjanjikan.

Untuk itu, salah satu satu pengembang properti di Indonesia bernama Sinar Mas Land, ingin turut serta memberikan informasi terkini mengenai perkembangan properti di Indonesia, khususnya di bidang investasi terhadap properti.  Sejalan dengan hal tersebut, Sinar Mas Land menyelenggarakan Financial Workshop dengan tema khusus “Investment in Property” yang diperuntukkan bagi media dan blogger.

 AcaraFinancial Workshop dengan tema Investment in Properti berlangsung  pada hari Senin, 23 Juni 2014, bertempat di  XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta.  Bagi saya, sangat menarik mengikuti acara tersebut, karena di sini kita di berikan pengetahuan langsung dari sumbernya.  Apalagi saya masih awam sekali mengenai masalah ini.  Tidak main-main pula, Sinar Mas pun mendatangkan narasumber yang mumpuni di bidangnya, seperti  Aidil Akbar (Chairman – IARFC Indonesia, Senior Financial Advisor), Ishak Chandra (Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land), Ignesjz Kemalawarta (Direktur PT Bumi Sepong Damai Tbk/ Vice Chairman in Real Estate Indonesia for Legal and Regulation).  Acara ini juga dipandu oleh Ali Tranghada selaku Direktur Eksekutif Indonesia Properti Watch.

Pembicara pertama diisi oleh seorang financial advisor kawakan Aidil Akbar.  Di sini kita langsung di berikan materi mengenai perencanaan keuangan dalam investasi properti, serta beberapa hal yang harus kita ketahui dalam memilih investasi properti.  Pak Aidil Akbar menitik tekankan bahwa investasi pada properti merupakan sebagai bagian dari alokasi asset. Jumlah penduduk yang semakin banyak dan lahan semakin terbatas terlebih di kota-kota besar adalah alasan mengapa investasi properti cukup gurih.   Namun, ada beberapa hal yang harus dilihat ketika kita membeli properti, seperti faktor lokasi, siapa developernya, pelajari track record dari developer, akses, fasilitas, serta potensi kenaikan nilai properti tersebut.

 

Aidil Akbar Menjelaskan Manfaat Financial Planning

Aidil Akbar menjelaskan manfaat Financial Planning

Pembicara kedua adalah Ishak Chandra selaku Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land.  Sebagai seorang yang disebut extremis di bidang properti, Pak Ishak Chandra mengakui bahwa hampir seluruh investasi dan asetnya berada di bidang properti.  Meskipun investasi properti bersifat non liquid, namun tetap ada profit didalamnya.  Pak Ishak Chandra menambahkan tidak ada investasi yang bebas resiko, termasuk di bidang properti.  Untuk itu, kenalilah semuanya sebelum memulai berinvestasi.  Sebuah keuntungan pula jika kita faham dan mengetahui betul mengenai masalah inflasi, sehingga kita dapat memutuskan dengan tepat.   Sementara untuk memulai berinvestasi dibutuhkan tujuan dan strategi, penelitian serta seleksi.

 

Pak Ishak menceritakan berbagai macam tentang investasi properti

Pak Ishak menceritakan berbagai macam tentang investasi properti

Ignesjz Kemalawarta selaku Direktur PT Bumi Sepong Damai Tbk/ Vice Chairman in Real Estate Indonesia for Legal and Regulation sebagai pembicara ketiga memaparkan tentang kebijakan terkait properti.  Kebijakan itu diantaranya mengenai kebijakan terkait proses pembangunan dan pembiayaan properti serta terkait pembentukan nilai properti.

Acara terakhir ditutup dengan makan siang serta pengumuman Young Architect Competition 2014 serta roadshow yang akan diadakan di beberapa univeritas negri ternama di Indonesia.  Untuk informasi lengkap Young Architect Competition 2014 dapat diperoleh di http://www.sinarmasland.com/yac2014/.  Acara kompetisi ini merupakan wujud kepedulian Sinar Mas Land terhadap generasi muda Indonesia.

Pengumuman Sinar Mas Land YAC 2014

Pengumuman Sinar Mas Land YAC 2014

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Menengok Investasi Properti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s