“Batuk Itu Ganggu”

Persoalan batuk kelihatannya sepertinya bukan masalah besar ya.  Akan tetapi, jangan pernah benar-benar menyepelekan perihal gangguan batuk ini.  Selain berdampak pada kesehatan diri dan lingkungan, batuk juga membuat kita dan orang-orang di sekitar kita merasa tidak nyaman.  Kan tidak enak juga kalau kita lagi ngobrol tiba-tiba batuk menyerang, buyar lah apa yang ingin kita sampaikan.  Terkadang bahkan tanpa kita sadari, orang di sekeliling kita merasa terganggu karena “kebrisikan” dengan batuk kita.  Dua-duanya pernah saya alami, terganggu dan menganggu karena batuk.  Hal seperti itu tentu sangat mengganggu aktivitas kita.

Dari persoalan tersebut, Perusahaan farmasi  Combiphar menyelenggarakan edukasi mengenai batuk dengan tema “ Batuk Itu Ganggu”.  Tujuannya tentu saja sebagai ajakan kepada khalayak umum terutama anak-anak muda agar tidak menyepelekan gangguan batuk terhadap diri sendiri dan lingkungn, dengan cara menggunakan masker serta memilih obat batuk yang tepat.

 

Acara yang berlangsung pada tanggal 11 Juli 2014 di Restoran Beautica, SCBD Sudirman, Jakarta ini telah berlngsung.  Dengan mengajak media dan para blogger, acara yang dimulai pada pukul 16.00 ini memberikan penjelasan mengenai batuk dan gaya hidup modern.  Apalagi dihadirkan pula narasumber yang tepat, yaitu Senior Brand Manager OBH Combi, Combiphar, Aryana Jasiman dan Medical Manager Combiphar, dr.  Carlinda Nekawaty .  Dari sini kami bisa belajar mengenai pemahaman dasar batuk beserta penyebabnya.

 

dr. Carlinda menjelaskan, kalau kita mengira batuk itu adalah sebuah penyakit, ternyata belum tentu juga loh.  Batuk adalah sebuah reaksi normal, karena ada benda asing di dalam tubuh.  sehingga refleks orang tersebut adalah ingin mengeluarkan.   Hanya saja, batuk menjadi tidak normal dan menjadi penyakit tatkala batuk dibiarkan berlangsung lebih dari tiga hari.  Karena itu pasien harus segera ke dokter untuk memastikan apa penyakitnya.

 

dr. Carlinda

dr. Carlinda

batuk terjadi karena beberapa hal diantaranya adalah gaya hidup yang kurang sehat, seperti kebanyakn makan makanan berminyak, berlemak serta goreng-gorengan.  Hal itu dapat membuat tenggorokan meradang.  Hal lain bisa juga karena alergi atau tertular orang lain.

 

Sementara itu, supaya kita tidak tertular dari batuk adalah dengan menghindari pencetusnya seperti mengurangi makan atau minuman yang dapat mengundang batuk.  Untuk mencegah batuk tidak menulari orang lain, sebaiknya kita memakai masker. Karena jika kita tidak memakai masker banyak kuman yang disebarkan tatkala kita batuk.  Jika terkena orang yang daya tahan tubuhnya sedang lemah, maka orang tersebut akan tertular. Pemakaian Masker juga sebaiknya sekali pakai saja, jangan sampai dipakai berkali-kali karena banyak kuman yang tersebar

 

Lanjut masih dari penjelasan dr. Carlinda, untuk penanganan batuk yang kadarnya ringan, penanganannya cukup mudah, yaitu dengan banyak minum air putih, istirahat yang cukup serta memakan-Maanan yang sehat dan bergizi.  Bahan alami seperti air hangat dicampur madu, air jahe hangat, daun mint, juga bermanfaat untuk mengurangi batuk.  Namun, apabila batuk sudah merupakan gejala penyakit, bahan alami yang dipercaya dalam mengatasi batuk, yakni succus liquorice.  Bahan ini telah terbukti merupakan anti radang.

 

Succus Liquorice

Succus Liquorice

Usai dr. Carlina menjelaskan, Senior Brand Manager OBH Combi, Combiphar, Aryana Jasiman juga turut memaparkan bahwa kandungan yang ada di dalam succus liqurice ada dalam obat batuk hitam.   Bahan ini sudah dimanfaatkan sejak lama sebagai anti inflammatory dan alergi serta tidak menimbulkan efek samping.   Kandungan tersebut telah teruji dan diakui oleh beberapa lembaga dunia seperti WHO, British Herbal Compendium, German Standard Lcicense, dsb.  Karena penting dan bermanfaatnya obat tersebut, maka OBH Combi memanfaatkan liquorice dalam kandungan obat batuknya.  Liquorice dapat sebagai expectorant maupun antitussive dapat mengurangi intnsitas batuk.

 

Aryana Jasiman

Aryana Jasiman

OBH Combi

OBH Combi merupakan obat batuk yang efektif meredakan batuk.  OBH Combi sangat dikenal karena formula kehangatan Liquorice yang terkandung didalamnya.  OBH Combi terdiri dari beberapa pilihan, OBH Combi Batuk Plus Flu (tersedia dalam rasa jahe, menthol dan madu) dan OBH Combi Batuk Berdahak (tersedia dalam pilihan rasa jahe dan menthol).  OBH Combi Batuk Berdahak memiliki kandungan alkohol sebanyak 2 persen.  Saat ini OBH Combi terus dalam tahap berinovasi untuk menghilangkan alcohol tersebut serta proses mendapat sertifikat halal dari MUI.  Bagi anak-anak, OBH Combi menyediakan OBH Combi anak dengan berbagai pilihan rasa seperti strawberry, jeruk, apel, dan madu.

 

Mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan pasar, OBH Combi saat ini hadir dengan desain yang modern dilengkpi dengan logo baru.  OBH Combi juga peduli terhadap kesehatan lingkungan sehingga melakukan aksi membagikan masker kepada pengguna jalan.

 

Setelah pemaparan selesai, acara tanya jawab dibuka hingga berakhir sampai menjelang maghrib.  Acara pun berakhir setalah kami semua menyantap hidangan buka puasa bersama.  Senangnya mendapat pengetahuan langsung dari narasumbernya.

 

 

 

Advertisements

4 thoughts on ““Batuk Itu Ganggu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s