Peduli Sakit, Sadar JKN  

Bulan lalu, tepatnya tanggal 13-14 Agustus, beruntung sekali saya dapat menghadiri workshop JKN yang diselenggarakan Kementrian Kesehatan RI di Hotel Harris Jakarta.  Acara yang diselenggarakan untuk para blogger berlangsung selama dua hari penuh dengan materi mengenai JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) serta kunjungan ke beberapa fasilitas kesehatan, diantaranya puskesmas dan rumah sakit.  Para blogger yang hadir pun disebut  sahabat JKN yang fungsinya juga untuk mensosialisasikan program ini.

Acara  yang padat materi ini sangat berguna sekali khususnya bagi saya yang masih kurang mengerti program JKN.  Nah, biar saya juga tidak lupa, ada baiknya saya share beberapa materinya.  Harapannya semoga kita sama-sama lebih paham perihal JKN dan mengambil manfaat dari program tersebut.

Awal mula acara berlangsung, kami semua disodori kertas berupa post test.  Isi pertanyaannya seputar program JKN.  Jujur yah, saya tuh sampai terbengong-bengong menjawab soalnya, dikarenakan kekurangtahuan saya dengan program ini.  Untungnya post testnya tidak disuruh membubuhkan nama. Paling tidak, jadi gak kelihatan malu-maluin karena salah banyak, hehe.

Hari pertama kami dijejali materi seputar JKN yang diisi oleh Eyang Anjar sebagai pembukaan, kemudian dilanjutkan dari Kemenkes oleh Bapak Zamal dan Bapak Dwi dari BPJS Kesehatan.  Acara malam diisi oleh salah satu mantan penyiar televisi yang cukup kondang, Mbak Ira Koesno dengan materi public speaking.  Beberapa materi yang tertuang dalam hari pertama saya share seperti di bawah ini.

Salah satu pemateri dalam workshop JKN

Salah satu pemateri dalam workshop JKN

JKN apa sih?

Pertanyaan itu pernah terlintas di kepala saya dan kerap kali saya dengar dari teman, tetangga atau kerabat.  Memang benar, banyak sekali yang belum paham dengan JKN, termasuk saya kala itu.

Salah satu slide materi JKN

Salah satu slide materi JKN

Jadi, JKN adalah sebuah program pemerintah di bidang pelayanan  kesehatan dengan sistem asuransi ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia.   Karena sistemnya asuransi, maka akan ada premi yang dibayarkan oleh masing-masing individu setiap bulannya.  Masyarakat bisa memilih kelas dan biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya.   Premi yang dibayarkan tentu untuk memberikan perlindungan kepada peserta atas resiko kesehatannya serta anggota keluarganya.

Bagaimana dengan  masyarakat yang tidak mampu untuk membayar?  Tenang, Bagi masyarakat yang tidak mampu atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) pembiayaan seluruhnya akan ditanggung oleh pemerintah kok.

Bagi peserta JKN yang menerima gaji/upah didaftarkan langsung oleh perusahaan.institusi tempat dia bekerja.  Sementara itu bagi pekerja yang tidak menerima upah seperti wiraswasta atau daftar mandiri besar iuran adalah sebagai beriut ini :

  1. Pelayanan di ruang perawatan rumah sakit kelas III : Rp 25.500 per orang perbulan
  2. Pelayanan di ruang perawatan rumah sakit kelas II : Rp 42.500 per orang perbulan
  3. Pelayanan di ruang perawatan rumah sakit kelas I : Rp 59.500 per orang perbulan

Asuransi JKN juga merupakan proteksi.  Setiap individu yang hidup pasti punya resiko, salah satunya adalah resiko sakit.  Kalau sudah sakit tentunya akan timbul masalah lain seperti keuangan.  Nah, JKN inilah menjadi proteksi keuangan apabila resiko sakit itu muncul.  Sehingga hambatan keuangan untuk pembiayanan dapat teratasi. Meskipun JKN adalah proteksi di waktu sakit, tapi bagi saya mah jangan sampai deh sakit.  Mendingan sehat wal afiat selamat dan sejahtera hehe.

Selain sebagai proteksi diri, manfaat JKN mencakup pelayanan kesehatan berupa penyuluhan, pencegahan, pengobatan, dan pemulihan kesehatan termasuk pelayanan obat an bahan medis habis pakai sesuai kebutuhan medis.

JKN juga memiliki prinsip-prinsip seperti kegotong-royongan, portabilitas, nirlaba, kepesertaan berifat wajib, dana amanat, keterbukaan, kehati-hatan, akuntanbilitas, efisiensi dan efektivita serta pengelolaan dana untuk peserta.

Bedanya dengan BPJS ?

Ini juga pertanyaan yang sering dilontarkan.  BPJS Merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS adalah transformasi dari perusahaan asuransi PT Askes.  Sementara itu,  BPJS Ketenagakerjaan dahulu merupakan PT Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).

Jadi, jelas yah bedanyaa antara JKN dan BPJS.  JKN itu nama programnya, sedangkan BPJS merupakan badan penyelenggaranya.   Meskipun, seringkali  lebih familiar menyebut BPJS dengan maksud JKN, mulai sekarang lebih membumikan istilah JKN.

Prosedur Mendaftar

Untuk tata cara mendaftar JKN adalah kita bisa langsung mendaftar ke kantor-kantor BPJS yang tersebar di seluruh Indonesia, online melalui situs www.bpjs-kesehatan.go.id dan boleh mendaftar di Bank yang telah ditunjuk pemerintah yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI.  Untuk mendaftar jangan lupa untuk mengisi formulir, siapkan KTP, KK serta pas foto berwarna uuran 3X4  lembar.

Prosedur pendaftaran. Sumber : http://daftarbpjs.com/2014/01/01/cara-pendaftaran-bpjs-kesehatan/

Prosedur pendaftaran.
Sumber : di sini

Ada beberapa hal yang tidak dijamin di dalam JKN, seperti tidak sesuai prosedur, pelayanan di fasilitas kesehatan yang belum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, pelayanan untuk mendapatkan keturunan, pelayanan kesehatan di luar negri,  pelayanan kesehatan untuk tujuan esttika, pengobatan alternatif dan gangguan kesehatn akibat sengaja menyakiti diri sendiri, bunuh diri dan memakai narkoba.

Bagaimanapun juga JKN adalah program pemerintah yang baru, masih memungkinkan banyak kekurangan dimana-mana.

Namun demikian, bagi saya JKN sendiri punya manfaat yang begitu besar.   Kalaupun saya tidak sakit,  paling tidak ikut membantu saudara kita yang sedang terkena sakit.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s