Nama Populer

Nama saya Fitri.  Entah kenapa dari sejak saya kecil, mulai dari masuk TK, SD kelas 1 sampai kelas 6, dari mulai SMP hingga kuliah, sampe saya bolak balik gonta-ganti pekerjaan, saya selalu menemukan seseorang  teman dengan nama yang sama dengan nama saya.
Maksudnya saya tuh selalu ketemu sama  teman yang sama-sama bernama Fitri.  Mulai dari temen sekolah sampe Temen kerja.  Ketika saya sekolah, di setiap kelasnya pasti ada yang namanya Fitri, bahkan lebih dari dua orang.  Teman-teman rumah juga begitu, dari mulai tetangga, anak tetangga sampe temen maya.  Event bukan nama panggilan, saya selalu menemukan unsur Fitri di dalamnya. 

Dulu ketika kecil sempet agak bete karna namanya selalu banyak yang nyamain.  Tapi seiring berjalannya waktu akhirnya jadi tidak mempersalahkan.   Kalo sama memang kenapa?toh artinya bagus juga.

Tidak hanya Fitri, nasib serupa yang seangkatan dengan saya, juga menimpa nama-nama seperti Budi, Ani, Irwan, Yani, Dwi, Dian, Desi, Bambang, dan banyak lagi.  Tokoh-tokoh novel zaman itupun  tak luput dari nama-nama tersebut.  Sepertinya nama-nama itu begitu populer pada zaman saya lahir atau dekade saat itu. Saya memang lebih suka memberikan nama populer ketimbang pasaran, hehe.

Jelang dekade berganti, nama-nama mulai berkembang.  Ada yang kebarat-baratan ataupun ketimur-timuran. Nama-nama pun jadi semakin variatif.  Nama yang populer pun berubah. Ani, Budi, Fitri, dan nama populer  lainnya menjadi nama orang tua anak-anak yang bernama Chesya, Cinta, Michell, Safa, dan sejumlah nama yang baru. 

Sepertinya begitulah zaman.  Semakin berganti, nama populer pun berubah.  Namun apapun itu semua orang tua pasti memiliki maksud yang baik dengan nama yang disematkan pada kita.  Kalau kata  Shakespare apalah arti sebuah nama.  Saya masih tetap percaya bahwa nama adalah doa. Mau nama populer ataupun tidak. 

14 thoughts on “Nama Populer

Leave a Reply

