Manggil Ojek Pakai Smartphone

Kalo orang Indonesia pasti kenal dengan yang namanya ojek. Moda transportasi ini udah gak asing di Indonesia.  Hampir setiap daerah pasti ada yang namanya ojek.  Apalagi kota besar seperti Jakarta.  Ojek sudah menjadi alternatif pilihan transportasi di tengah padatnya lalu lintas ibukota.

Kalo kita biasanya manggil ojek di pangkalan ojek atau manggil via telpon dengan ojek langganan, katanya itu udah so last year.  Sekarang, ada cara baru untuk manggil tukang ojek.  Ojek sekarang bisa dipanggil pake smartphone kita.  Tinggal klik-klik datenglah bapak tukang ojeg.  Gak perlu lagi manggil abang tukang ojeg mari-mari sini… hehe keren kan…

Adalah GO-JEK, salah satu perusahaan jasa yang lahir pada tahun 2011 memulai perubahan ojek yang konvensional menjadi ojek secara professional.  Soalnya si GO-JEK ini berhasil merubah para pengemudi ojek dari sekedar pekerja serabutan dengan pendapatan yang tidak tetap ke pendapatan yang jauh lebih baik.  GO-JEK memberi solusi kepada para pengemudi ojek agar pendapatan harian tukang ojek terus meningkat dengan membuat para tukang ojek lebih produktif.  Supaya lebih rapih dan lebih professional para supir GO-JEK juga diberikan jaket, helm serta alat kerja berupa handphone.  Handphone itu sendiri bisa dicicil dari pendapatan para tukang ojek dengan biaya yang sangat terjangkau.

GO-JEK juga mengubah ojek dari sarana angkutan cepat darurat menjadi sarana transportasi paling cepat karena sudah didukung oleh ratusan tukang ojek di jadebotabek.  Menariknya, tidak hanya mengantar orang menuju suatu tempat GO-JEK kini dapat mengirimkan dokumen atau paket serta berbelanja.  Apalagi, GO-JEK ini dapat diakses dengan mudah dan cepat karena buka setiap hari dan tinggal klak-klik seperti yang saya sebutkan tadi.

Jadi, PT GO-JEK Indonesia pada tanggal 10 Februari 2015 bertempat di twenty8 Café and Resto, telah melaunching GO-JEK Mobile App, sebuah aplikasi mobile layanan GO-JEK bagi konsumen GO-JEK pengguna Android dan iOS.  Aplikasi ini tinggal di download saja di playstore atau di App Store.  Jadi yang mau mesen ojek dapat langsung melakukannya dari gadgetnya sendiri.

Dalam launching tersebut, hadir Nadiem Makarim, CEO PT GO-JEK Indonesia.  Nadiem mengatakan bahwa peluncuran GO-JEK Mobile App merupakan lompatan ke depan yang revolusioner dalam transportasi ojek di Indonesia karena pengemudi ojek kini dapat berinteraksi dengan konsumennya melalui aplikasi interaktif di smartphone mereka.  Hal ini akan semakin meningkatkan reputasi ojek dari sekedar sarana transportasi darurat menjadi alat transportasi serbaguna untuk transportasi pengiriman cepat dan berbelanja, dan kini semuanya bisa dilakukan dari genggaman tangan tanpa perlu lagi menghubungi call centre.

image

Nadiem Makarim CEO PT GO-JEK Indonesia

Jangan takut dengan aplikasi mobile yang kelihatannya rumit.  Aplikasinya sederhana banget, sehingga memudahkan kita sebagai konsumen bahkan bagi yang pemula sekalipun.  Sama halnya dengan metode konvensional, dalam mobile app ini layanan GO-JEK meliputi layanan kurir cepat (instant courier), transportasi (transport) dan berbelanja (shopping).  Kalau mau bisa dapat layanan ini selain download, konsumen  tinggal sign up atau mendaftar terlebih dahulu.

image

Layanan GO-JEK

Untuk layanan instan courier, konsumen akan diminta untuk mengisi lokasi pengambilan dan tujuan pengiriman disertai kontak tmbahan jika pemilik akun bukan pengirim atau penerima paket.  Konsumen juga diminta mengisi waktu pengambilan barang dan informasi mengenai paket yang akan dikirim.

Untuk layanan Transport, konsumen akan mengisi dari dan tujuan tempat.  Kalau bisa yang detil saja, atau beri patokan yang familiar biar tukang ojek nya gampang ngejemput.   Nah untuk konsumen juga mendapat masker dan penutup rambut dengan gratis.

Untuk layanan shopping, konsumen dapat meminta pengmudi GO-JEK menalangi biaya belanja hingga 1 juta rupiah.  Setelah log-in konsumen mengisi lokasi belanja, jenis barang yang dibeli dan estimasi biaya belanja yang harus dikeluarkan.  Konsumen juga diminta untuk mngisi informasi lokasi pengiriman barang belanjaan, serta waktu pengiriman.  Layanan ini sangat berguna untuk konsumen yang ingin membeli tiket film atau konser, makanan di restoran atau belanja keperluan apapun.

Semua layanan diatas bisa di cek secara real time lewat map yang disediakan. Sudah sejauh mana atau keberadaannya. Kita juga bisa mengetahui nama sopir ojek yang mengantar atau berbelanja untuk kita.  Lengkap dengan nomer hanphone serta foto jika ada.

Sejak mobile app ini diluncurkan saya sendiri udah berkali-kali memakai jasa GO-JEK.  Memang kelihatan banget bedanya loh.  Tidak perlu itu yang namanya bersusah payah nyari ojek, tinggal pesan dan tunggu. Lagipula ojek yang saya panggil  kelihatan lebih professional.  Jangan tanya soal biaya, karena dalam GO-JEK ini semua sudah dirinci.  Harga sudah keluar berdasarkan jarak. Kalau oke lanjut order jika tidak, bisa cancel. Jadi tidak perlu ada drama tawar menawar dengan tukang ojek.

image

Pelanggan setia GO-JEK

Tanya-tanya sama supir GO-JEK nya sendiri, mereka merasa lebih nyaman di GO-JEK karena selain pendapatannya pasti, mereka jadi lebih semangat gitu.  Bahkan ada supir yang tadinya kerja ngojek hanya buat sambilan kini menjadi pekerjaan tetap.  Meskipun demikian, kata rekan sesame go-jekers ada aja supir yang kurang ngerti betapa alat kerjanya seperti hape begitu penting. Supir yang gak ngerti itu malah  menggadaikan handphone atau memberikan hpnya kepada istrinya, hehe.  Padahal hapenya itukan penting banget :D.

GO-JEK juga memiliki GOJEK kredit yang bisa di topup melalui bank tertentu.  Menariknya lagi nih, selain kita mendapat keuntungan tersebut, ada bonus lagi untuk para konsumen.  Bagi konsumen pertama yang memakai aplikasi ini bisa mendapat voucher Rp 50.000 jika dia mendapat kode referral dari temannya.  Nah, bagi teman yang memiliki kode tersebut juga berpeluang mendapat Rp 50.000 jika teman pemakai pemula tersebut menggunakannya. Begitu seterunya, namun karena ini bukan MLM jadi, voucher Rp 50.000 hanya digunakan untuk pemakai pemula saja.  Caranya tinggal klik  gambar dompet pojok kanan atas.  Setelah itu masukan voucher referral code kemudian klik ok.

image

Yang baru pake aplikasi ini isi yah

Kalo bingung silahkan coba sendiri aja deh, gampang koq.  Bagi pemakai pemula silahkan isi kode referral saya yah di  527386625, kemudia dicobain deh. Nanti kita akan dapet voucher Rp 50.000 dari GO-JEK huraaa :D.

Advertisements

11 thoughts on “Manggil Ojek Pakai Smartphone

  1. @maya : untuk yg transport bukan dokumen atau belanja itungannya per km Rp 4.000 mak, minimal ngojek Rp 25.000. Aq pernah gojek dr stasiun Sudirman sampe tulodong atas (masuk2 scbd) biayanya Rp 25.000.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s