Seminar Jantung “Living With Heart Disease”

Selasa, 24 Februari yang lalu, bertempat di The Hermitage Hotel,  Rumah Sakit Bunda mengadakan seminar mengenai Jantung.  Dalam seminar ini menghadirkan dokter-dokter yang sudah ahli dan kompeten di bidangnya, yaitu dr. Dicky A Hanafy, SpJP(K), dan dr. Hariadi Hadibrata, SpBTKV.  Seminar yang berjudul, “Living With Heart Disease” ini dibawakan oleh seorang MC yang populer, Melanie Putri.  Acara ini dihadiri oleh Undangan, Media dan blogger.

Sebelum memulai acara, para undangan dipersilahkan untuk mini medical check-up. Dari mulai cek berat badan, kadar lemak, tensi, gula darah, kolesterol, EKG jika diperlukan hingga konsultasi dengan dokter.  Mini medical check-up ini, sangat membantu sekali, utamanya bagi saya yang sangat jarang memeriksakan kondisi kesehatan.  Apalagi Rumah Sakit Bunda tidak memungut biaya untuk layanan ini.

image

Penyakit jantung, saat ini sudah seperti menjadi momok yang menakutkan.  Pasalnya, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomer satu di dunia.  Bahkan menurut WHO, diperkirakan ada 17,5 juta penduduk dunia meninggal karena penyakit kardiovaskuler di tahun 2012.  Ini berarti 31 persen dari kematian di seluruh dunia.   Hal yang paling menyeramkan lagi, diperkirakan pada tahun 2030 nanti kematian akibat penyakit ini akan meningkat menjadi lebih dari 23 juta.

image

Meskipun demikian, tetap masih ada harapan bagi orang yang memiliki penyakit jantung atau berisiko mengalami penyakit jantung.  Penyakit ini kebanyakan bisa dicegah dengan memodifikasi faktor resiko, seperti gaya hidup yang tidak sehat (merokok, diet tidak sehat, obesitas, kurang aktivitas fisik, dan penyalahgunaan alkohol, dsb).  Jadi, masih banyak penderita jantung yang survive tapi tetap bisa produktif.

Sejalan dengan hal tersebut, “Bunda Heart Centre”, sebuah layanan jantung terpadu mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan mengenali faktor resiko, serta mengelola penyakit tersebut apabila telah memilikinya.  Dengan peralatan yang canggih dan masa kini, seperti CT Scan dan Cath Lab, Bunda Heart Centre menyediakan berbagai layanan khusus.  Layanan itu berupa skrining, diagnosis dan terapi lain untuk kondisi-kondisi seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan gangguang irama jantung.

Menurut dr. Dicky A Hanafy, SpJP(K), jika penderita jantung telah berhasil sembuh, harus merubah total gaya hidup yang membuat penyakit itu kambuh atau bertambah buruk.  Jika kita berpikir bahwa perawatan penyakit jantung akan lama, ternyata tidak juga.  Pemulihan di rumah sakit akan menginap selama 3 hari hingga seminggu paska serangan jantung.  Namun kalau sudah komplikasi baru perawatannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

dr.Hariadi Hadibrata, SpBTKV melanjutkan mengenai pembedahan jantung.  Bagi orang awam seperti saya, tentu saja masih sangat kurang informasi, karenanya di sini dijelaskan.  Ada tiga pengertian tentang pembedahan jantung, yakini operasi pintas pembuluh darah, perbaikan atau ganti katup jantung, dan kelainan jantng bawaan.  Untuk pembedahan sendiri dilakukan dengan mengurangi iritasi kulit di sekelilingnya.

Kemudian, paska bedah jantung ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.  Hal yang boleh dilakukan diantaranya, tetap beraktivitas, olahraga teratur, minum obat teratur, fisioterapi, dan cek laboratorium sesuai anjuran.  Hal yang harus di jauhi paska bedah jantung adalah makan seenaknya dan olah raga high impact.

Paska serangan jantung pasien harus mengevaluasi obat-obat yang selama ini diminum, berikut dengan pola hidup dengan faktor resikonya.  Gejala emosi pasien bisa saja naik turun karena stres dan ketakutan.  Padahal itu memperparah kesehatannya.  Untuk itu dibutuhkan keluarga untuk menjadi support dalam perubahan gaya hidup.

Rehabilitasi jantung tentu juga sangat penting.  Dalam rehabilitasi ini, pasien akan dikenalkan dengan program khusus yang aman untuk penderita jantung, seperti olahraga serta gaya hidup sehat.  Tentunya juga menjalani diet yang benar.

Bicara tentang diet, setelah check up dan ketika materi,  undangan ternyata  disuguhi Quaker Oatmeal yang telah disediakan serta minuman sereal dari Quaker.  Tentunya sudah pada tahu, kalo makanan ini sangat ramah dan baik untuk jantung kita.  Menurut Dr.Elia Indrianingsi, SpGK, selaku Medical Nutrition Advisor PT Quaker Indonesia, ternyata diet untuk penderita jantung itu bukan sembarang diet, tetapi juga diet rendah kolesterol, dan yang dapat mengendalikan tekanan darah, gula darah, mempertahankan atau menurunkan berat badan.  Itu semua bisa di dapat ketika kita mengonsumsi oat.  Karena oat memiliki kandungan yang sehat untuk jantung.  Jadi jauhi makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, dan kaya kolesterol *toyorkepalasendiri*.

Usai seminar, undangan yang hadir dipersilahkan menikmati jamuan makan siang yang disediakan oleh pihak Hotel The Hermitage.  Sembari makan, sembari menikmati suasana Hotel The Hermitage ini.  Ambiencenya duh jadi inget zaman kolonial banget.  Gak heran sih memang soalnya ini hotel sudah dibangun pada tahun 1923 dan tadinya berfungsi sebagai Kantor Pusat Telekomunikasi Belanda, kemudian berubah jadi Universitas Bung Karno.  Jadinya, gaya arsitekturnya kental banget zaman itu.

image

Senangnya saya dapet kegiatan semacam ini, karena jadi ngerti dan mengingatkan kembali betapa berantakannya gaya hidup saya :(.  Tindakan yang paling baik daripada sebelum sakit tentunya tindakan preventif, salah satu caranya ya dengan gaya hidup sehat.  Utamanya olahraga dan menjaga pola makan.

Advertisements

23 thoughts on “Seminar Jantung “Living With Heart Disease”

  1. yang bahaya itu jika tiba2 terkena serangan yg gejalanya sama persis dengan masuk angin, eh setelah diperiksa ternyata merupakan serangan jantung.
    ngeri ya mbak 🙂
    memang lebih baik mencegah daripada mengobati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s