Penderita Diabetes Boleh Ngemil

Sekarang ini kian banyak kita mendengar orang yang terkena diabetes mellitus.  Diabetes yang  familiar dengan penyakit gula ini sudah tak mengenal usia penderita lagi, baik tua, dewasa, bahkan anak-anak pun dapat terkena.  Beragam cara pun dilakukan agar dapat mengontrol kadar gula dalam darah.  Salah satu yang menjadi kontrol dalam penanganan diabetes adalah memperhatikan nutrisi dalam tubuh.

Begitu pentingnya memperhatikan nutrisi yang baik dalam tubuh bagi penderita diabetes, maka RS Antam Medika beserta SOYJOY mengadakan seminar edukasi seputar Diabetes pada Kamis 23 April 2015.  Salah satu pengisinya adalah Dr.Tetty Ernawati Harefa MS., Sp. GK yang memaparkan tentang “Nutrisi yang Baik untuk Mengontrol Kadar Gula Darah pada Diabetisi”.
image
image

Sebelum masuk ke bahasan tentang nutrisi, ada baiknya kita mengenali apa itu diabetes? siapa saja yang bisa terkena diabetes? gejala-gejala diabetes? jenis diabetes? serta yang harus dilakukan dalam mengendalikan penyakit diabetes mellitus ini? Hal ini penting supaya kita lebih aware lagi tentang masalah diabetes.

Berdasarkan slide Dr.Tetty, bahwa Diabetes Melitus merupakan kumpulan gejala yang diakibatkan gangguan metabolisme kronis ditandai dengan hiperglikemia, akibat tidak adekuatnya produksi insulin atau tidak efektifnya kerja insulin di jaringan.  Sementara itu, resiko diabetes bisa terjadi karena keturunan, namun demikian faktor gaya hidup ternyata juga sangat mempengaruhi, diantaranya adalah obesitas (kegemukan), merokok, hipertensi dsb.

Gejala-gejala diabetes antara lain penderita sering buang air kecil, sering mengantuk, kaki kesemutan, sering lapar, berat badan turun, haus terus-terusan, vagina lembab dan gatal.  Sementara itu, jenis diabetes ada dua, yaitu tipe 1 dan 2.   Seseorang akan ketahuan menderita DM apabila telah cek lab dan menunjukan hasil kadar gula darah puasa besar dari sama dengan 126 mg/dl.  Sementara itu, kadar gula darah 2 jam sesudah makan adalah besar dari sama dengan 200 mg/dl. Gula darah sewaktu besar dari sama dengan 200 mg/dl.

Ketika kita sudah mengerti tentang diabetes lalu apa yang harus dilakukan dalam mengendalikan penyakit diabetes mellitus ini?

Seperti yang dikatakan diawal, salah satu yang menjadi kontrol dalam penanganan diabetes adalah memperhatikan nutrisi dalam tubuh atau diet.  Tujuannya tentu untuk menjaga gula darah dalam batas normal, mencapai BB Normal, menjaga kadar lemak darah, menekan komplikasi DM (diabetes mellitus), serta memperbaiki kesehatan.

Mengatur pola makan penderita DM sangat penting.  Faktanya 90 persen pasien DM tidak mendapat diet yang seimbang dan bergizi.  Untuk itu, pengaturan pola makan diabetes mellitus harus dengan 3 j, yaitu jadwal makan, jumlah kalori serta jenis makanan.

Untuk penderita DM, Jadwal makan tidaklah berbeda dengan orang kebanyakan, seperti makan pagi (jam 07.00), siang (jam 12.00), dan malam(jam 18.00).  Bahkan penderita DM boleh untuk “ngemil” atau makan snack.  Hanya saja jenis makanan camilan ini dianjurkan yang LOW GI nya.  GI adalah singkatan dari glikemik indeks.  Nilai glikemik indeks dapat melihat kadar gula darah.   Semakin rendah nilai GI akan semakin baik.

Nah, salah satu camilan yang memiliki nilai GI yang rendah adalah SOYJOY.  Bahkan SOYJOY adalah satu-satunya snack yang mendapat sertifikat Low GI di Indonesia.  SOYJOY juga  dipercaya dibeberapa rumah sakit terkemuka menjadi snack diabetes.  Karena SOYJOY menjaga gula darah lebih stabil dibandingkan snack lain.

Mengapa SOYJOY menjadi camilan yang low GI? Karena SOYJOY terbuat dari kedelai.  Kedelai itu sendiri memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi bahkan dibandingkan dengan protein hewani.  Apalagi kedelai dicerna paling lambat oleh tubuh.
image

Jangan takut dengan rasanya! Siapa bilang cemilan sehat pasti rasanya tidak enak. SOYJOY sendiri memiliki beberapa varian rasa dari campuran buah-buahan.  Ada rasa Stroberi. blueberry, hawtorn berry, mangga, apel, pisang, dan kacang.  Rasanya enak, agak manis namun segar.

Waktu untuk “ngemil” SOYJOY bagi penderita diabetes adalah selingan diantara makan pagi dan siang (jam 10.00), makan siang dan malam (jam 15.00), dan malam hari (jam 21.00) bila memang masih lapar.  Namun demikian, untuk menghindari nafsu makan yang tidak terkontrol, boleh juga membawa SOYJOY saat akan pergi.  Bukan tidak mungkin saat jalan di luar sana, nafsu makan menjadi tidak terkontrol karena melihat makanan yang banyak menggiurkan.
image

Dengan begitu, penderita diabetes dibolehkan untuk memakan camilan.  Sehingga nafsu makan menjadi terkendali kadar gula dalam darah pun masih tetap terkontrol.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s