Yuk! Sukseskan Portal Serempak

Serempak adalah salah satu portal dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan.  Serempak yang memiliki kepanjangan Seputar Perempuan dan Anak ini, memberikan fasilitas diskusi serta memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan informasi.  Khususnya terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan terhadap anak.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Serempak serta bagaimana cara kita ikut berkontribusi, KPPA memberikan sosialisasi yang diadakan di ruang Nyai Ahmad Dahlan Jl. Medan Merdeka Barat No15 Jakarta Pusat pada tanggal 28 Juni lalu.  Hadir sebagai narasumber diantaranya, Bapak Robert yang juga salah satu dosen marketing dari Universitas Bina Nusantara, Mbak Ani Berta selaku blogger, serta Ibu Martha Simanjuntak Founder dari IWITA (Indonesian Woman IT Awareness).

Materi pertama dibawakan oleh Bapak Robert.  Bapak Robert menjelaskan mengenai digital marketing.  Berhubung portal serempak adalah sebuah portal interaktif yang memberikan fasilitas diskusi terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan terhadap anak serta diddampingi oleh pakar-pakar dibidangnya.  Maka, sangatlah penting perannya untuk diketahui oleh masyarakat seperti kita.  Supaya lebih maksimal mengoptimalkan portal tersebut.  Kita tentulah harus mengerti bagaimana cara mensosialisasikan atau me-marketkan portal tersebut.  Caranya, tentu saja dengan digital marketing.

image

Bapak Robert

Apa itu digital Marketing ?

Kalau yang selama ini kita tahu internet marketing, sekarang ada yang lebih baru lagi, yaitu digital marketing.  Digital marketing adalah semua pemasaran yang menggunakan alat semua device, baik itu dari telepon, sms, MMS, internet, broadcast, dan lain sebagainya.  Pada era sekarang, digital marketing sudah sangat dekat dengan kita.

Dalam digital marketing ini banyak keuntungan yang diperoleh daripada konvensional marketing seperti sebelumnya.  Salah satunya adalah cara berinteraksinya. Interaksi dalam digital marketing lebih tinggi dan intens.  Hal lain adalah biaya yang dibutuhkan dalam digital marketing lebih murah daripada konvensional, seperti iklan di media massa ataupun Televisi. Digital marketing sangat dinamis dan cepat dalam melakukan promosi.  Begitupun dengan waktu yang diperlukan.  Dalam konvensional market, waktu yang dibutuhkan juga lebih lama.

Namun demikian, ada konsekuensi dari digital marketing.  Salah satunya adalah semua orang bisa mengetahui.  Untuk itu, dalam membangun digital marketing, buatlah brand positioning, brand formulation, dan brand delivery.  Kita harus mengetahui ada dan dimana brand kita berada. Bagaimanapun, branding adalah pekerjaan yang serius.

Untuk itulah portal Serempak selaku brand dalam kaitannya dengan digital marketing haruslah bisa dipasarkan dan diterima baik oleh mayarakat.  Dengan mengetahui bagaimana cara memasarkan yang baik, tentu saja bisa berdampak semain banyak yang mengakses portal ini.

Bagaimana Menjadi Kontributor Website?

Materi kedua dibawakan oleh Mbak Ani Bertha.  Sebagai blogger, Mbak Ani sudah malang melintang dalam mengisi content-content yang bermanfaat.  Hal ini yang akan dibagi.  Sehingga kita bisa ikut menjadi kontributor khususnya di dalam portal serempak.

image

Mbak Ani Bertha

Mbak Ani pun membagi tip bagaimana cara menjadi kontributor website.  Adapun tip dari Mbak Ani adalah sebagai berikut ini.

  1. Tentukanlah tujuan dalam menulis. Apakah bentuknya Sukarela atau mendapat penghasilan.
  2. Kenalilah website atau portal yang diminati.
  3. Berikan proposal penawaran.
  4. Sebagai awal,lakukanlah dengan mengisi konten gratis terlebih dahulu. Hal ini bisa sebagai porto folio.
  5. Manfaatkanlah kanal-kanal citizen journalism di media mainstream, seperti Kompasiana, Vivalog, Citizen6, dan sebagainya.
  6. Promosikanlah hasil tulisan kita.

Penulis konten atau kontributor bersumbangsih memberikan informasi.   Selain itu banyak sekali Manfaat menjadi contributor konten, seperti branding, porto folio, social entrepreneur, hobi yg menghasilkan.  Keuntungan lain tulisan bermanfaat untuk banyak orang, relationship menjadi lebih luas, upgrade ilmu, dan meningkatkan wawasan.

Portal Serempak

Pemateri ketiga dari Ibu Martha Simanjuntak.  Ibu Martha lebih menginformasikan mengenai portal Serempak itu sendiri.  Portal Serempak dengan alamat di www.serempak.or.id itu sendiri sebagai tools antara pemerintah dan masyarakat. Penggunaan teknologi informasi seperti portal merupakan sarana penting untuk dapat lebih maju.

image

Ibu Martha

Di dalam konten serempak banyak sekali yang bisa diangkat seperti KDRT, informasi perempuan dan anak, tip, kebudayaan, dan sebagainya.  Layanan yg ada di portal ini bersumber dari narasumber atau yang ahli yang terkait, kontributor, dan jurnalisme warga.  Sehingga portal Serempak juga membuka kesempatan untuk aktualisasi diri.

Nah, itu tadi beberapa materi mengenai digital marketing, penulisan konten serta portal Serempak itu sendiri. Mengingat manfaatnya sangat besar.  Harapannya tentu saja, semua pihak dapat berkontribusi dalam seputar perempuan dan anak.

Advertisements

2 thoughts on “Yuk! Sukseskan Portal Serempak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s