Belajar Agama dengan Bertemu Guru

Meskipun sekarang belajar bisa dari mana saja. Akan tetapi ada satu hal yang menurut saya belum bisa menggantikan interaksi pertemuan guru dengan muridnya, yaitu belajar agama atau mengaji.

Meskipun sekarang banyak sekali sumber ilmu agama, entah kenapa tetap bagi saya bertemu langsung dengan pengajar agama lebih baik. Itu buat saya loh ya.

Terasa banget ketika saya mengambil pelajaran agama secara online dengan yang bertemu langsung dengan guru. Ternyata bila saya bandingkan keduanya, saya jauh lebih mengerti penyampaian guru ketika bertemu langsung daripada yang saya hanya cuma dengar rekaman suara atau gambarnya.  Mungkin dengan bertemu dengan guru secara langsung bisa sekalian bertanya.

Untuk mempelajari agama mungkin otak saya masih konvensional. Sehingga saya cenderung lebih suka cara-cara lama seperti mendatangi guru untuk mengaji. Pun saya lebih suka dengan memakai kitab atau acuan yang bisa langsung dikaji dan dipelajari dibanding ceramah umum.

Menurut saya belajar agama harus dengan guru. Kalau tidak berbahaya. Bisa jadi salah penafsiran. Guru pun tidak sembarang guru. Bukan asal terkenal atau yang sedang beken saja di sosial media. Mencari guru yang sesuai dengan kapabilitasnya juga. Sebab perkara agama bukan perkara yang main-main.

Dengan bertemu dengan guru untuk belajar agama saya merasa lebih bisa faham.  Sekaligus langsung bisa bertanya.  Bisa juga kadang melebar ke permasalahan lain yang bisa menjadi wawasan.

Namun demikian bukan berarti syiar agama melalui media, seperti youtube saat ini jadi tidak penting. Justru itu penting sekali.  Sehingga kita bisa mendengar petuah-petuah agama yang sangat baik. Namun kalo saya juga tetap dipilah-pilih. Karena sumber informasi yang begitu deras kadang mengaburkan mana guru yang benar-benar mumpuni mana yang tidak.

#harike7
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s