Memilih Satu Fokus Belajar

Memperhatikan gaya belajar ternyata menarik juga. Banyak hal sih yang bisa dipelajari dan masing-masing orang beda gaya belajarnya. Ada yang lancar ada yang tersendat. Ada yang bisa melakukan banyak hal ada yang tidak.

Saya sedang mengamati gaya belajar L. L sedang menghafalkan sebuah surah. Kalau dia lagi menghafal dia hanya fokus untuk menghafal itu saja. Tidak mau diselingi yang lain. Kebetulan surah yang dia hafalkan adalah jenis surah yang satu ayat itu bisa panjang sekali. Kalau dulu masih kecil membedakan surah makiyah dan madaniyah ya dari panjang dan pendeknya ayat. Kalau surah makiyah cenderung ayatnya pendek-pendek. Kalau madaniyah ayatnya panjang-panjang.

Perbedaan Gaya Belajar Dia dengan Gaya Belajar Saya

Beda sekali dengan saya yang bisa disambi macam-macam. L hanya bisa fokus pada satu hal sebelum dia selesai. L juga saya perhatikan lama sekali dalam menghafal sebuah ayat. Berbeda dengan saya yang cepat dalam menghafal. Dalam satu hari saya bisa menghafal lebih dari 1 ayat untuk yang ayatnya pendek dan minimal 1 hari untuk yang ayatnya panjang. Tetapi L tidak. Dia bisa menghafal 1 ayat panjang dalam beberapa hari. Sehingga waktu yang dibutuhkan L dalam menghafal agak lama. Akan tetapi, dari segi kelamaan waktu untuk mengingat hafalan, L lebih unggul dibanding saya. Meskipun saya lebih cepat menghafal tapi saya juga lebih cepat lupa. Apalagi jika tidak benar- benar dipraktekan dan dibiasakan. Kalau L hafalannya bisa awet dan bertahan lama sekali. Kenapa begitu ya?

L memilih satu fokus saja. Menurut saya sih memang bagus, tapi kadang yang lain jadi terlewat. Dan waktu yang dibutuhkan juga jadi lama. Yah namanya gaya belajar orang lain tidak bisa dipaksakan. Ada yang begini ada yang begitu. Yang penting orang itu nyaman dalam gaya belajarnya.

#harike2
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Advertisements

One thought on “Memilih Satu Fokus Belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s